Jumat, 10 Agustus 2012

Gontor Pilihanku !!

       Oh..iiiyaa aku  lupa mau bagi- bagi cerita tentang pengalamanku  "Mencari Sekolah".Pasti para blogger dah sering dengarkan ...haha iya.Pada tahun ini,tah kenapa susah banget aku memilih sekolah yang bagus agar menjamin untuk masa depan nanti.
       Setelah tekadku semakin kuat.Akhirnya, saya menyampaikan keiinginanku pada mamah n papah."Mah,pah..saya nanti kalau dah lulus smp,saya ingin sekolah di Prime One School atw Singapore School diantara itu dech mana yang paling mamah n papah setuju.",kataku dengan semangat."Terserah nak mana yang kamu suka.. kan nantinya kamu yang menjalaninya papah n mamah setujuh aja yang penting,itu yang terbaik buat masa depan kamu" ,jawab papa tegas.Setelah jawaban dari papa aku sangat senang karena keinginanku untuk bersekolag di POS/SS di setujui dan semoga itu pilihanku yang benar(kataku dalam hati).
     Dua hari kemudian ...mamaku survei dan bertanya - tanya mengenai info di POS.Sesampai dirumah mamah menceritakan info yang ia dapatkan",ia bilang ia tidak setuju saya bersekolah di POS.eh..ternyata papah  bersependapat dengan mamah. Dengan rasa kekecewaan yang dalam saya bertanya"Mah..kenapa setelah mamah survei,kok malah tidak setuju?!ku mulai marah(˘̩_˘).Mamah diam dan tidak berkata sepatah pun.Aku mulai bingung,"looh..mamah kok ga bilang alasannya?kemarahanku mulai reda setelah 4 jam yang berlalu.Di dalam kamar aku mulai berfikir, mungkin mamah mau memberikan sekolah yang terbaik buatku nanti.Mana ada orang tua yang memberikan anaknya keburukaaan.....Aku mulai mengerti ,setelah itu aku diberi lagi kesempatan sama papa untuk benar*memilih sekolah yang terbaik.Akhirnya papah menyuruh mencoba seleksi di SMAN 1 MEDAN. Setelah berkas* persyaratan telah di lengkapai aku dan mamah pergi ke smansa untuk mengumpulkan berkas* tsbt .Eh..ternyata ada persayaran nilai rata *mata pelajaran 7.50 ternyata salah satu mata pelajaran di raportku ( Matematika) tidak mencukupi hanya 7.00yah..sudahlah mungkin bukan sekolah ini yang tepat bagiku (◦ˆ⌣ˆ◦).Tiga hari kemudian aku memutuskan untuk sekolah diluar kota. Mamah mulai pesan tiket untuk keberangkatan kami(lupaa tanggalnya ):D
Di hari itu juga keberangkatan kami.Aku mulai bergegas mempersiapkan pakaian * dan berkas* yang diperlukan nantinya.Setelah memasuki barang "ke dalam koper dan ditaruh dibagasi mobil.Tepatnya jam 11.00 setelah menyiapkan barang*kamai berangkat ke airport. Yang hanya mengantarkan kami papa dan kakak sepupuku(Ria). Sesampai di airport,kami langsung menurunkan barang.Sebelum kami masuk kedalam aku berpamitan kepada papah dan kak Ria agar mereka mendoakan kami selamat di dalam perjalanan sampai di Bandara International Soekarno, setelah berpamitan kami lari - lari menuju checking barang.Syukurlah..kami tidak terlambat keberangkatan.
       Tepatnya jam 02.00 pesawat yang ditunggu - tunggu akhirnya tiba di bandara soekarno.Aku dan mamahku berbeda pesawat.yahh...ga papalah sesekali mandiri - -.Pesawatku lebih dahulu berangkat dibandingkan pesawat mamah.
       Setelah 2 jam di perjalanan udara.alhamdulillah akhirnya aku sampai di bandara soekarno dengan selamat.Kakaku (nisa)sudah menungguku di pintu keluar.Penerbangan mamah dan aku hanya setengah jam.Sambil menunggu pesawat mamah tiba aku dan kakakku menuju mushola untuk menunaikan sholat ashar dan beristiraht .Tidak lama kemudian pesawat mama pun tiba,kami langsung mencari taxi untuk pulang ke rumah tulangku (om) di Depok.Selama di perjalanan ..aku melihat perbedaan kota medan dengan kota ibu kota. Emang sih.. aku lumayan sering ke kota ini.Tapi sudah 1 tahun tidak ke kota ini.Dari tahun ke tahun kota Jakarta semangkin ramai penduduknya,banyaak sekali kendaran yang melintas.Kemacetan sepanjang jalan mulai terjadi.Suara kelekson saling bergantian terdengan dari kendaran yang satu ke satu yang lainnya,"hugh,,, kapan sampainya kalau gini (⌣́_⌣̀).",.kataku.Cuaca semangkin gelap,jarum jam sudah menunjukkan pukul 10.00 pm  wib."hmm bisa* sampai dirumah jam 12"kataku dengan kesal. Akhirnya kemacetan telah berakhir.Alhamdulilllahh..
Perjalanan kami mulai lancar.. akhirnya kami sampai juga di rumah.
"Assalamualaikum.. "kata mamah
"Waalaikumsalam Wr.wb "jawab nantulang
                Setelah kami di persilahkan masuk,waktu  yang memunginkan untuk tidur.Aku dan kakakku langsung menuju kamar.Sedangkan mamah dan tante ngobrol sambil menunggu kepulangan tulangku dari kerjaanya.
"Kota Jakarta maceet banget ya kak,padahal kitanya melintas jalur tol",kataku denga nada kesal
"Yasudahlah..yang penting kan kita dah selamat sampai rumah ",jawab kakakku

(Kamipun mulai tertidur )
              Esok paginya ..mamah membangunkan kami.Sesuai dari perencanaan.Kami langsung mandi dan bergegas berangkat mencari - cari sekolah buatku.Ketika di perjalanan... tiba"perutku sakit banget.Aagar semuanya tidak cemas,kucoba untuk kutahan.
"Rasanya mau muntah nih,tulang berhenti dulu.. (╯_╰) "kataku
"kenapa?",tanya mamah yang lainnya pada bingung.Aku langsung turun,dan memuntahkan seluruh makanan yang di dalam perutku.Setelah selesai,aku naik kembali ke mobil
"Kok bisa muntah,masuk angin yaah ?"tanya tulang
"iaa nih ..tadi malem gak makan ,pagi ini kita juga belum sarapan", jawabku.
"Iyayah..kita belum sarapan,yaudah sarapan dulu"kata mamah.,
               Eitttttt...(suara mobilku pun terhenti) di sebuah perpakiran.Dan kami bergegas turun ke suatu ruang makan di pinggir jalan.Alhamdulillah.. isi perut kami sudah berisi.Agar tidak membuang waktu..kimi langsung mencari sekolah- sekolah yang terbaik buatku.
              Selama sepanjang jalan aku banyak melihat sekolah tapi kami langsung menuju Jakarta Selatan sekolah yang ingin kami tuju.Aku mengetahui sekolah ini hanya dapat informasi dari hasil searching internet.Waktu yang dihabiskan ke Jakarta Selatan cukup lumayan jauh.Mungkin keluarga cukup kelelahan hampir setengah hari duduk terus di mobil.Tapi mereka sama sekali tidak ada keluar dari perkataan mereka kalau merasa kelelahan.tapi terlihat oleh mataku raut wajah mereka yang kusut dan debu yang lengket diwajah mereka.Alhamdulillah kami telah sampai,azan juhur juga telah berkumandang.Aku dan mamah langsung memasuki skolah itu untuk melihat - melihat apa saja fasilitas sekolah tersebut.Ternyata tidak jauh beda dengan yang kulihat di internet.Bangunan - bangunan sekolah nya yang tingkat,dengan lapangan yang luas dan lebar,bngunan asrama yang bagus.Dilengkapi dengan mesjid yang besar yang telah terbatasi oleh wanita dan pria serta tersedia kolam renang.Kebun - kebun dan taman yang indah.Canteen yang menjual makanan serba lengkap seperti juz,kebab,nasi padang,dll.Dan yang tidak kalah sekolah ini berbasis ISLAMI.Tekad untuk memilih sekolah ini semangkin mantap.Akhirnya aku memberitahu ke mama kalau aku bener- bener mau ke sekolah ini.Mama pun langsung mengajakku masuk ke kantor pendaftaran.Setelah kami memasuki kantor tersebut dan langsung mengasih formulir,setelah formulir tersebut terisi semua.aku langsung menyerahkan formulir itu.Akupun langsung dipersilahkan untuk memasuki ruang ujian,sedangkan mamah menunggu diluar. Ketika aku duduk di kursi itu aku tersa teggang dengan perasaan yang gerogi dan takut karena dalam pikiranku PASTI SOALNYA SUSAH tapi aku yakin aku pasti bisa menjawab ini semua dengan bekal yang sudah ku pelajari di waktu SMP. Alhamdulillah SMP aku dulu berbasis islami setidaknya sudah lumayan membantuku.Soal - soal ujian tersebut mencakup "B.Inggris,B.Indonesia,B.Arab,IPA,MATEMATIKA,dan Fisika. Serta dilengkapi soal - seal terjemah Indonesia - Arab, Indonesia- Ing .Alhamdulillah Indonesia- Bing aku cukup bisa menterjemahkannya,tapi berbeda dengan Indonesia - Arab.Aku lumayan sulit menterjemahkannya karena banyak mufrodat (kosa kata )yang tidak ku ketahui.Tetapi ya sudahlah aku serahkan semuanya sama Allah swt,ku teringat dengan kata- kata papah yang terpenting kita telah BERUSAHA.karena allah bukan lah melihat hasil,tetapi usaha kita.Waktu telah habis untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Aku langsung memberikan lembar jawaban itu kepada panitia.Dan aku langsung keluar dan menemui mamah.Seketika aku keluar mamah di panggil untuk wawancara di dalam ruang ujian dengan ustazah yang sudah menunggu.Aku pun berdoa di luar ruangan agar aku di terima di sekolah itu.30 menit kemudian,mamah keluar.Kami pun berdua duduk di ruang tunggu tersebut sambil menunggu hasil ujian yang menentukkan LULUS ATAU TIDAK LULUS.Salah seorang keluar dari ruangan ujian tersebut dan membawa sebuah amplop yang telah berisi surat kelulusanku,nama ku dipanggil dan di berikan amplop itu.Kubuka perlahan dan ternyata surat itu berisi aku LULUS!Ya allah,begitu senangnya aku,perjuangan ku  tidak sia - sia.Dan akhirnya kami keluar ruangan itu dan menemui saudaraku yang sudah lama menunggu di luar.Dan mamah langsung mengabarkan kepada papah bahwa aku di terima.Kami langsung menuju mesjid untuk mendirikan waktu sholat juhur.Aku dan mamah memasuki kamar mandinya yang bersih dan besar,di dalam kamar mandi itu ada seorang orang tua wali yang berbicara ke pada Cleaning Servise dan berkata"Ini kenapa tidak di bersihkan selokannya ?ini bisa - bisa anakku kenak DBD!!dengan nada perintah.Aku hanya melihat sambil terkejut melihat ibu itu.Dalam hatiku berkata"Ya allah..walaupun dia itu hanya seorang pekerja tetapi ibu itu tidak pantas membentaknya,karna bukan dialah yang mengupah pekerja itu ".Dari perkataan si ibu itu aku selalu menginggatnya.Ketika aku selesai berwudhu dan langsung memasuki mesjid,di dalam mesjid itu ada beberapa santri yang sedang membaca al- qur'an. Ketika aku mengambil mukena di lemari ada salah seorang santri yang sedang mengobrol dengan memakai bahasa gaul (elo)alias bukan memakai bahasa inggris atau b.arab.dan disitu ada ustaz yang mengajar mereka.Dan sku mulsi bertanya - tanya pada diriku"lah,kok orang ini masih pakai bahasa daerah juga ya,tetapi disini tidak boleh memakai bahasa kecuali b.arab dan b.ing?kalau begini gimanaa aku bisa terbiasa b.arab dan b.ing.Kalau b.ind juga sering dipakai dalam percakapan sehari - sehari.Percuma aja dong nanti aku jauh - jauh sekolah disini juga tidak terbiasa memakai bahasa ing ma bahasa ind pikirku.Setelah selesai sholat,mamah menyuruhku menelfon papah.
"Assalamualaikunm pah.."sapaku
"waalaikumussalam nak,gimana kamu tertarik ga sama sekolahnya?"tanya papah
"Tadinya khusnul tertarik,tapi sekaeang tidak pah"jawabku










   





2 komentar:

  1. Subhanallah ya, ceritanya menarik.


    mana lanjutannya, khusnul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimah kasih ustz..ya ustz nih lagi sibuk sma posting ya linnya ntar kalw smpat brun di lnjutin :D

      Hapus